Blue Fire Gunung Ijen Jadi Destinasi Wisata Delegasi Pertemuan IMF

IMF Meeting on next October

5

Banyuwangi –  Gunung Ijen telah ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi delegasi International Monetary Fund (IMF) -World Bank Annual Meeting di Bali pada Oktober mendatang. Untuk melihat langsung, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani dan Gubenur BI Agus Martowardjojo mendaki Gunung Ijen yang terkenal dengan fenomena blue firenya tersebut.

Rombongan tiba di Paltuding Ijen yang menjadi titik kumpul awal untuk memulai pendakian pada pukul 01.00 wib, dini hari. Semua rombongan terlihat antusias, tak terkecuali Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang turut mendaki.

Mereka pun lalu mendaki Ijen selama dua jam, hingga tiba di puncak dengan ketinggin 2.443 mdpl sekitar pukul 03.00. Sesampainya di atas, kekaguman tak bisa disembunyikan dari ekspresi wajah dua menteri dan gubernur BI tersebut. “Wah, perjalanan naik yang sangat menantang tadi, sangat sangat terbayar setelah di sini. Ijen hebat,” puji Luhut.

Menko Luhut dan rombongan lalu menyusuri jalan yang cukup lebar di sepanjang puncak Ijen, mereka menikmati suasana puncak gunung dari pinggir bibir kawah. Sesekali mereka nampak sumringah saat menyaksikan nyala api biru yang berpendar pendar dari kejauhan. “Ini sangat luar bisa, sangat layak direkomendasikan kepada para petinggi ekonomi dunia yang akan hadir di Bali Oktober mendatang,” ujarnya.

Kekaguman yang sama juga dirasakan oleh Sri Mulyani. “Saat saya naik, ini sudah pengalaman yang luar biasa. Begitu matahari mulai terbit, seiring juga dengan pemandangannya luar biasa. Kawahnya spektakuler, ada blue firenya juga. juga ada mushola kecil juga di sana,” ngkap Sri Mulyani.

Kedua menteri tersebut lalu mengabadikan kekagumannya melalui video bolg (vlog) berlatar belakang kawah belerang yang menawan.

“Ini adalah pemandangan Gunung Ijen yang spektakuler dan luar biasa. Perjalanan pendakian memang cukup menantang tapi anda tidak akan menyesalinya. Gunung Ijen ini menurut saya destinasi wisata paling indah di Indonesia. Ayo datang ke Banyuwangi dan nikmati pemandangan spektakuler ini,” ajak Sri Mulyani dengan bahasa Inggris dalam vlognya.

Selain melihat kesiapan, Luhut dan rombongan juga menginventarisasi sejumlah infrastruktur yang perlu dilengkapi untuk menyambut delegasi. “Pak Bupati telah memaparkan apa-apa yang perlu segera ditangani, ini akan segera kami tuntaskan.  Termasuk fasilitas yang ada di Ijen. Minggu depan akan kami langsung koordinasi teknis,” pungkas Luhut.

Fasilitas yang perlu segera dibenahi antara lain ketersediaan air dan aksesibilitas menuju puncak menjadi salah satu perhatian kita. “Semuanya akan menjadi bahan kajian. Pastinya, semua akan ditata dengan benar tanpa merusak lingkungan,” ungkapnya.

Untuk memperkenalkan Ijen, Luhut juga bakal mengajak Bupati Abdullah Azwar Anas pada 2018 Spring Meetings of the International Monetary Fund and World Bank Group di Washington DC, April mendatang. “Kita akan ajak Pak Anas ke Spring Meetings di Washington DC, untuk jualan Ijen di sana,” janjinya.

Selama di Banyuwangi, Luhut dan rombongan meninjau lokasi yang akan menjadi jujugan delegasi. Mulai dari Bandara Banyuwangi yang berkonsep hijau, sanggar seni Genjah Arum, Pantai Solong, hingga Gunung Ijen. Bahkan, Luhut dan Sri Mulyani membikin video testimoni di atas puncak gunung berlatar kawah yang sangat digemari wisatawan dalam dan luar negeri.