BSPN PDIP Jember Desak KPU Segera Perbaiki DPT Pileg dan Pilpres 2019

Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jember mendesa agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember segera memperbaiki Data Pemilih Tetap (DPT) Pileg dan Pilpres 2019.

Pernyataan itu disampaikan menyusul masih banyaknya ditemukannya puluahan ribu warga dalam Pilihan Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Jember pada 27 Juni 2018 lalu yang tidak masuk dalam DPT,  Pemilih Ganda serta masih adanya Pemilih yang sudah meninggal dunia.

Demikian disampaikan Kepala Biro Hukum dan Advokasi BSPN, Suprayitno SH saat mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, bersama Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Jember Hariyanto, Senin (16/7).

“Kedatangan kami untuk mendorong KPU Jember beserta jajaranya bekerja secara optimal lagi, dalam pemutakhiran daftar pemilih tetap atau DPT. Mengingat masih banyaknya warga Jember yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap di Pilgub Jawa Timur yang lalu,” terang Supraytino

Seperti pemilih dalam Pilgub Jatim lalu yang mengunakan E-KTP mencapai 13.053 orang, termasuk banyaknya DPT yang meninggal.  “Apalagi dalam pileg 2019 tidak ada lagi pantarlih, pencocokan dan penelitihan (Coklit) sehingga sesuai data kami lebih dari 30.000 orang tidak masuk dalam daftar pemilih,” ungkapnya

Bahkan di pilgub lalu banyak pemilih ganda, penempatan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang jauh dari tempat tinggal, berpotensi meningkatnya golput.  Untuk itu kami minta KPU segera memperbaiki daftar pemilih agar pertisipasi pemilih dalam pileg dan pilpres 2019 meningkat,” tandasnya.

Pernyataan ini, semata-mata upaya untuk ikut membantu mensukseskan pemilu yang demokratis dan, paslanya apa yang menjadi dasar untuk ke Pileg dan Pilpres kita temukan dari situ, jadi ada pemilih ganda, ada pemilih yang sudah meninggal masih masuk DPT bahkan banyak pemilih yang tidak masuk DPT.

“Sehingga kami Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan melalui kerja yang dilakukan badan-badan kami akhirnya pada siang hari ini kita melakukan pernyataan sikap dan kita akan tindaklanjuti kepada KPUD Jember,” imbuh Hariyanto Wakil ketua DPC PDI Perjuangan Jember

Sementara Devisi Data dan Teknis KPU Jember Habib M Rohan berjanji akan menindaklanjuti masukan ini. “Meski tidak ada lagi petugas Coklit, masukan ini menjadi perhatian kami, meskipun tahapan resmi KPU itu ada sosialisasi bahwa tanggapan masyarakat secara teknis kita bisa menerima masukan itu,” tandas Rohan.