Bupati Faida Dukung Upaya Sekolah Komitmen Cegah Pernikahan Dini

ZONA JATIM, JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendukung komitmen pengasuh Yayasan Pendidikan Islam Bustanul Ulum dan lembaga pendidikan IBU bersama wali murid dan wali santri dalam menekan angka pernikahan dini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jember, dr. Hj. Faida,MMR dalam kegiatan bersama wali murid dan wali santri untuk mengawali ajaran baru bertempat di lapangan kompleks Yayasan Pendidikan Islam Bustanul Ulum Pakusari, Rabu (17/7/2019) siang.

Kata Bupati Faida, komitmen itu tertuang dalam kontrak perjanjian antara pihak sekolah dengan wali murid dan wali santri untuk tidak menikahkan anak sebelum lulus sekolah.

“Kami datang khusus kesini untuk menguati komitmen bersama wali murid serta lembaga pendidikan juga Pemkab Jember. Bahwa anak-anak harus mendapatkan pendidikan minimal 12 tahun,” tuturnya.

Karena menurut bupati, masih banyaknya anak putus sekolah sebelum lulus. Dan komitmen ini sendiri mendapatkan acungan tangan dari para wali serta murid. “Bahwa tidak akan menikah dan dinikahkan sebelum lulus sekolah,”jelasnya.

Komitmen ini penting, karena masa depan anak, khususnya perempuan, juga ditentukan oleh kualitas pendidikannya. “Saya jelas mendukung komitmen lembaga ini. Dan, apabila melanggar, mereka akan dipulangkan langsung kepada orangtuanya,” tegasnya.

Selain itu, bupati juga mengungkapkan, saat ini sedang mencoba untuk membuat suatu formula dalam mencegah pernikahan dini. “Kita harus menjamin kesempatan untuk menempuh pendidikan bagi anak-anak, khususnya anak perempuan di Kabupaten Jember,” tandas bupati.