Cegah Corona, Universitas Jember Tunda Wisuda !

Jember- Universitas Jember mengeluarkan surat tentang pencegahan virus corona terhadap sejumlah kegiatan. Ada sejumla penundaan kegiatan antara lain pelaksanaan wisuda periode 5 Universitas Jember (Unej) yang akan diikuti kurang lebih 900 orang wisudawan pada Sabtu (28/3) mendatang, termasuk juga Kreanova. Selanjutnya salah satu kegiatan yang juga ditunda adalah Kreanova atau ajang bazar dan car free day yang rutin diadakan setiap hari Minggu pagi di Lapangan Unej. Padahal, pada hari Minggu, 15 Maret 2020, akan dilakukan sosialisasi Perilaku Sehat Antisipasi Covid-19. Acara kampanye kesehatan itu digelar oleh Pasca Sarjana Unej didukung Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej), Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan beberapa pihak lain.

Baca Juga :  Minum Jamu Bisa Cegah Corona

Melalui surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Unej dan ditandatangani langsung oleh Wakil Rektor 1 Zulfikar, Jumat (13/3/2020). Diketahui dari isi dalam surat pemberitahuan tersebut, penundaan pelaksanaan wisuda itu sebagai langkah pencegahan dini Virus Corona (Covid-19), berdasarkan surat edaran Rektor Universitas Jember Nomor 3873/UN25/LL/2020 yang dikeluarkan 3 Maret 2020 lalu. Surat itu dikeluarkan berdasarkan surat edaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) yang berisi tentang pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Surat tertanda 12 Maret 2020 dengan nomor 35492/A.A5/HK/2020 itu ditujukan untuk sejumlah pihak. Di antaranya, Pemimpin Unit Utama, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, dan Pemimpin Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, juga menyusul surat edaran Mendikbud pada 9 Maret 2020, dan surat edaran terbaru Sekretraris Jendral Kemdikbud pada 12 Maret 2020. Yang juga berisi sama tentang pencegahan Virus Corona Covid-19.

Baca juga : Menhub Juga Kena Corona

Dalam surat tersebut, bahwa pelaksanaan wisuda periode 5 tahun akademik 2019/2020 yang sebelumnya dijadwalkan pada 28 Maret 2020, ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Copy ijazah dan transkrip peserta wisuda periode 5 yang telah dilegalisir agar diberikan kepada yang bersangkutan setelah 28 Maret 2020 dan dapat mengambil di fakultas masing-masing. Adapun copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir bisa diambil para lulusan setelah 28 Maret 2020 di fakultas masing-masing. “Perhitungan masa studi tetap didasarkan sesuai tanggal wisuda tanggal 28 Maret 2020 itu,” jelas Rokhmad, Kasubag Humas Unej.

Baca Juga : Kasus Corona di Indonesia jadi 117 Orang

Selain menunda pelaksanaan wisuda hingga batas waktu yang belum ditentukan, surat itu juga memberitahukan penundaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang melibatkan banyak peserta. Bahkan, diantaranya adalah seminar dan workshop yang bisa mendatangkan orang luar masuk ke kampus. “Kita juga belum bisa menerima kunjungan dari SMA/SMK/MA,” ujarnya. Salah satu kegiatan yang juga ditunda adalah Kreanova, atau ajang bazar dan car free day yang rutin diadakan setiap akhir pekan hari Minggu pagi di Lapangan Unej.