Even FKKS. Jember Tampilkan Pesona Boemi Pandhalungan

8

Festival Kesenian Kawasan Selatan ( FKKS) yang digelar di Alun-alun Lumajang, Sabtu (10/2) malam berlangsung semarak. FKKS diikuti sejumlah kabupaten diantaranya, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kabupaten Malang dan lainnya.

Sementara Kabupaten Jember melalui Disparbud Kabupaten Jember menampilkan seni budaya bertajuk “Ragam Pesona Boemi Pandhalungan” pada Festival Kesenian Kawasan Selatan ( FKKS) di Alun-alun Lumajang. Ikut memeriahkan para seniman antara lain dari kelompok Campusari Gonjing Miring, Sanggar Cemara Biru, Griya Batik Barata, Ika Asesoris , Kelompok Pelukis Jember (KPJ) dan lainnya. “Acara FKKS berlangsung apik, dan bisa digelar secara bergiliran kedepan. Ini sukses untuk Disparbud Jember dan para seniman Jember,” kata Kadispariwisata Pemkab Jember Arif Tjahjono.

Sehari sebelumnya Arif Tjahjono juga membuka even potensi wisata, Gebyar Even Taman Botani Sukorambi milik Febrian Kahar. Dalam even itu, banyak terlibat sejumlah kelompok sadar wisata maupun hasil produksi lokal Jember yang merupakan koneksi dari Dewan Wisata Jember (DWJ). Potensi tersebut antara lain wisata, kuliner, produk batik, kopi, makanan dan minuman olahan dan lainnya.

“Yang jelas ada tiga hal yang harus dipenuhi dalam pariwisata, Pertama atraction, aminitys dan accesibility. “Salah satu yang harus dikembangkan adalah daya tarik wisatanya yang berbasis komunitas, seperti halnya hari ini seluruh pariwisata berkumpul di sini yang dinamakan gebyar wisata,” ujarnya.

Menurutnya, sampai hari ini Jember telah memiliki 80 lebih destinasi wisata yang aktif dengan harapan 2018 pengunjung baik wisatawan mancanegara dan lokal mencapai 2,5 juta yang tentunya berimbas pada kesejahteraan rakyat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dia juga menambahkan, berbagai even wisata saat ini perlu digalakkan untuk membangun dan menumbuhkan potensi wisata serta pelaku kepariwisataan.