IKA UA Sediakan Jalur Khusus Difabel Fun Bike Hari Lahir Pancasila

ZONA JATIM, JEMBER – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) menyediakan jalur khusus bagi penyandang Disabilitas yang ikut berpartisipasi fun bike dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 pada Minggu 30 Juni 2019 bertempat di Jember Sport Garden (JSG), Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

Olah raga fun bike dengan tema Aku Indonesia Aku Pancasila ini panitia menyediakan tiga rute, yakni 0 Km bagi peserta yang hanya ingin menikmati suasana gembira dengan menyaksikan hiburan rakyat, pameran UMKM, senam sehat, dan lainnya.
Rute 16 KM diperuntukkan bagi peserta yang tidak bersedia untuk rute panjang. Dan rute 26 KM, diperuntukkan bagi Gowes Mania. Pada Rute ini peserta diajak menanam bibit tanaman di kebun milik PTPN XII

Tak hanya IKA UA saja yang bisa ikut dalam kegiatan fun bike ini. Tetapi masyarakat umum dan warga dengan keterbatasan fisik atau difabel bisa ikut juga. Untuk difabel kami menyediakan jalur khusus bagi penyandang disabilitas yang ingin dengan konseling dari Dinas Sosial,”kata ketua panitia Fun Bike, I Nyoman Semita dalam jumpa pers di CafĂ© Rollaas, Kamis, (13/6/2019) siang.

Kata Nyoman, kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember ini juga untuk memperingati HUT ke-47 IKA UA. “Kegiatan kolosal yang dalam bentuk bersepeda bersama ini memiliki maksud dan tujuan untuk berpartisipasi dalam menegakkan NKRI dan pembangunan,” tuturnya.

Bersepeda bersama ini juga untuk menjalin silaturrahmi dengan semua pihak, dan sinergi semua unsur masyarakat Jember dalam memajukan pembangunan bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat Jember. “Jadi intinya, acara ini benar-benar untuk bersilaturahmi, buat semua yang bekerja dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Fun bike ini kegiatan olahraga non prestasi, dengan start dan finish di Jember Sport Garden (JSG). “Para bikers bisa bebas untuk memilih rute, dan memperoleh semua hak yang sama, termasuk pengundian kupon,” jelasnya.

Untuk pameran UMKM, jelasnya, panitia menyediakan sedikitnya 30 booth gratis untuk pelaku UMKM. Ini untuk memajukan UMKM di Kabupaten Jember. Juga disediakan hiburan rakyat dan senam sehat, berupa tarian, musik Patrol dan panggung hiburan. Ini disediakan peserta yang tidak ikut bersepeda. Acara ini dilaksanakan pada saat peserta pesepeda sudah diberangkatkan.

“Bagi masyarakat yang tidak ikut bersepeda bisa menikmati hiburan dan ikut senam sehat,” katanya.

Ia berharap peserta yang ikut mencapai 5.000 orang, berasal dari keluarga besar IKA UA dan umum. Pendaftaran per kupon sebesar Rp. 100 ribu.
Acara ini juga memperhatikan aksesbilitas bagi peserta disabilitas yang ingin ikut berpartisipasi. Panitia menyediakan jalur khusus penyandang disabilitas dengan konseling dari Dinas Sosial.
Hadiah yang disediakan panitia berupa 1 unit rumah tipe 30/60 di lokasi Perum Taman Gading, 1 paket umroh, 4 unit motor Mio, 6 unit LCD TV 32 Inchi, 10 sepeda gunung, 4 lemari es 1 pintu, 12 kipas angin, 15 kompor gas, dan door prize lainnya.