Jember Zona Merah Covid19. Kawasan Kota Diberlakukan Jagak Jarak Antar Warga

Jember- Pemerintah kabupaten jember bersama Forum Komunkasi Pimpinan Daerah kabupaten jember, terapkan penutupan diarea kota yakni jalan Sultan agung yang merupakan kawasan tertib physical distancing untuk mencegah penyebaran virus covid – 19.

Penutupan yang dipimpin langsung oleh Bupati Jember dr.Faida MMR yang didampingi Kapolres Jember serta Dandim 0824 Jember berlangsung di jalan Sultan Agung kkaliwates, Sabtu (28/3).Bupati Jember dr. Faida MMR usai menggelar apel penerapan Physical Distancing di Kota Jember, menyampaikan bahwa Ada 4 titik yang dilakukan Physical Distancing, diantaranya akses jalan menuju alun-alun Jember, RTH (Ruang Terbuka Hijau) Sumbersari, RTH Mangli dna RTH Jalan Gajahmada.

Penutupan ini sebagai upaya pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jember menyusul adanya 1 warganya yang dinyatakan positif terpapar Virus Corona. “Physical Distancing dengan menutup akses menuju tempat keramaian ini upaya kami dalam memutus penyebaran virus corona, dan kami bersama dengan jajaran TNI Polri, akan terus memerangi dan mencegah penyebaran Covid-19, penutupan ini juga bersifat sementara dan pada jam-jam tertentu, tidak ditutup 24 jam,” ujar Bupati Faida.

Menurut Bupati, pencegahan penyebaran Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua termasuk masyarakat, pemerintah membuat aturan dan masyarakat mau mematuhinya, maka memutus penyebaran Covid-19 ini bisa berjalan sukses. “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mau menunda acara pernikahannya, mau berdiam diri dirumah, tanpa ada peran dari masyarakat, tentu kami juga tidak mungkin bisa memutus penyebaran Covid-19, dan mengenai adanya 1 warga Jember yang positif Covid-19, saya himbau warga untuk tidak panik, karena yang bersangkutan pun sudah ditangani sesuai standar WHO dengan melakukan karantina,” terangnya. Dengan adanya 1 warga Jember yang positifi Covid-19, Bupati juga menyatakan bahwa Kabupaten Jember juga menerapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona dan termasuk kabupaten Zona Merah Covid-19.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Aris Supriyono melalui Wakapolres Kompol Wendy Saputra Alfian mengatakan, bahwa Physical Distancing yang diterapkan di beberapa titik di Kabupaten Jember, pihak Polres pun melakukan penutupan di beberapa titik menuju alun-alun Jember.
Beberapa jalur yang ditutup, diantaranya di Jalan Sultan Agung, Jalan PB, Sudirman, Jalan Kartini, dan Jalan Wijaya Kusuma. “Penutupan ini pada jam-jam tertentu, untuk hari sabtu akan ditutup, sejak pukul 4 sore sampai pukul dinihari, dan minggu akan ditutup pada pukul 5 pagi sampai jam 10 siang, kemudian dilanjutkan pada pukul 1 siang sampai pukul 9 malam,” ujar Kompol Wendy.