Kerumunan Pendukung Petahana Tak Terhindarkan

Jember- Hari terakhir pendaftaran paslon kepala daerah di KPU Jember dilakukan oleh paslon petahana yakni Faida-Vian. Paslon petahana maju dari jalur perseorangan dengan kecukupan suara mencapai sekitar 146.687 suara. Paslon petahana ini berangkat dari rumah Faida didaerah kecamatan Sumbersari kemudian berkonvoi bersama ratusan pendukung keliling kota menuju Kantor KPU Jember. Sayangnya dari pantauan, kerumunan massa tak terhindarkan nampak mulai dari Jalan Kalimantan. Tidak ada kepatuhan untuk jaga jarak sesuai protokol covid sesuai yang sehari sebelumnya dijanjikan cabup Faida ketika akan mendaftar. Selain itu juga disayangkan dalam konvoi ada beberapa pengendara motor yang tidak menggunakan helm sesuai dengan kepatuhan berlalu-lintas di jalan raya.

“Jadikan Pilkada Jember kompetisi yang sehat. Pastikan semua menggunakan masker, rapikan barisan, jaga jarak dan jangan berkerumun, patuhi pengawas protokol covid,” bunyi petikan suara cabup Faida saat himbauan disebarkan. Namun fatkta dilangan hal itu sulit diterapkan. Bahkan dia sebenarnya menghimbau bagi para pendukungnya untuk tidak ikut ke Kantor KPU saat mendaftar, namun bisa menyimak pada laman media sosial miliknya. Namun upaya itu juga percuma karena tidak banyak yang menyaksikan lewat media sosial. Ditanya media soal sudahkah tes kesehatan untuk menjamin tidak terpapar covid, menyusul seorang Satpol PP meninggal karena terkonfirmasi covid, cabup Faida menyampaikan kalau sudah melakukan tes kesehatan. “Sejatinya saya bukan memilih hari terakhir. Tapi memilih hari libur karena saya masih aktif berdinas dan masih aktif menjadi ketua gugus tugas Covid-19 yang masih banyak sekali tugas yang harus dilakukan,” ujar cabup Faida, Minggu (6/9).

Dirinya juga mengatakan kalau sudah melakukan tes swab. “Saya sudah melakukan tes swab. Saya dan mas Vian negatif. Dan langsung diberi jadwal tes kesehatan fisik di RS Syaiful Anwar tanggal 8. Tanggal 9 tes rohani,” ujarnya. Hal yang sama disampaikan cawabup Vian, yang baru kali ini memasuki kesempatan dalam di dunia politik. Dia berharap kesempatan yang diberikan cabup Faida tidak akan disia-siakan. Paslon petahan bakal berkompetisi dengan dua paslonkada lainnya yang diusung dari partai politik. Pertama yakni paslonkada Salam-Ifan diusung koalisi PDIP, PKB, Golkar, PAN, Perindo dan Berkarya, sedangkan paslonkada Hendy-Gus Firjaun diusung parpol Gerindra, Nasdem, PPP, dan PKS. (mok)