Lewati Jember, Tour de Indonesia Disambut JFC

29

Even sepeda balap Tour de Indonesia 2018 etape Ketiga bakal melewati jalur terpanjang yakni Kabupaten Jember pada hari Sabtu (27/1) ini. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemkab Jember termasuk pengamanan maupun ketertiban penonton. Namun ada yang istimewa siang ini ketika peserta sepeda balap internasional akan melewati Alun-alun Jember sekitar pukul 12.30 WIB siang ini.

Tepatnya di depan Pendopo Bupati Jember, Wahya Wibawa Graha, tuan rumah akan menyuguhkan pertunjukan kecil namun meriah yakni sejumlah defile dari Jember Fashion Carnival (JFC). JFC sudah dikenal luas baik secara nasional maupun negeri di mancanegara.

Pada Etape Kedua, Pembalap KFC Cycling Team Abdul Gani merajai Tour d’Indonesia dengan jarak 117,5 kilometer dari Madiun ke Mojokerto, Jumat, (26/1), sekaligus merebut jersey Gandaria dari tangan pembalap Team Sapura Cycling, Dylan Page.

Gani mencatat waktu tempuh dua jam 24 menit 17 detik bersama dengan peringkat kedua dan ketiga, Mohd Shahrul Mat Amin dari tim Terengganu Pro Asia dan Muhammad Nur Aiman Mohd Zariff dari Team Sapura Cycling.

Olahraga sepeda yang diikuti biker dari berbagai negara pada Etape Ketiga hari ini akan menempuh rute Probolinggo – Jember – Banyuwangi. Kepada masyarakat, kepolisian berharap untuk ikut menjaga ketertiban dan keamanan. Selain itu masyarakat bisa mencari jalur alternatif dalam menjalankan aktivitas, utamanya pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Jalur yang akan dilalui Tour de Indonesia di Jember merupakan jalur terpanjang sekitar lebih dari 60 kilometer. Jalur itu antara lain yakni jalur utama propinsi, Jatiroto – Tanggul – Bangsalsari – Rambipuji – Mangli – Jl. Gajah Mada – Jl. A Yani – Jl. Letjend. Panjaitan – Pakusari – Mayang – Silo – Garahan – Gumitir – Kalibaru. Selanjutnya jalur akan memasuki wilayah Kabupaten Banyuwangi dan dilanjutkan menuju ke Denpasar Bali.