Makin Keren, Pokdarwis Jenggawah Hill Dikukuhkan Disparta

2

Destinasi wisata yang juga dimotori Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah Jenggawah Hill, telah dikukuhkan oleh Dinas Pariwisata Pemkab Jember. Dengan begitu, maka wisata Jenggawah Hill kedepan memiliki masa depan cerah karena bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Jember.

Jenggawah Hill digarap oleh kalangan pemuda dan warga setempat dengan gotong-royong dan kreatif kemudian menyulap bukit mangkrak di Kecamatan Jenggawah menjadi tujuan wisata baru di Jember kawasan selatan.

Wisata ini, Jenggawah Hill atau JH menyediakan sarana area belajar memanah, kera ekor panjang, berkuda, rumah pohon, track area motor mini, dan spot selfie aneka view dan loop. Bahkan saat pengukuhan pokdarwis, warga bisa mencoba kereta kuda.

Andy Prasetyo, Pembina Pokdarwis Jenggawah Hill mengatakan, pihaknya berterimakasih atas apresiasi Disparta Pemkab Jember yang telah mengukuhkan Pokdarwis Jenggawah Hill. “Ini akan menjadi semangat bagi Pokdarwis untuk terus berbenah dan melestarikan bukit Jenggawah ini ramah lingkungan dan ramah bagi wisatawan,” kata Andy Prasetyo, Rabu (14/3).

Dia menambahkan, memasuki bulan ke – 6 pihaknya terus mempersolek JH dengan melengkapi sarana wisata khususnya sarana MCK, musalla, dan bale istirahat.

“Juga akan diprogamkan safety bagi pengunjung semisal P3K, alat tandu, dan kursi roda,” ujarnya.

Di puncak malam tahun baru 2018 lalu digelar pesta kembang api di puncak bukit,dan pengunjung dihibur musik reggae, serta dangdut OM Arjuna.

Kata Andy, Jenggawah Hill pure atau murni berbasis kreatif warga dan mengedepankan budaya gotong – royong masyarakat dan cinta lingkungan.

Partisipasi masyarakat peduli wisata desa dan alami sangat kental karena area itu masuk tiga Desa.

Untuk masuk area wisata ini gratis, dan hanya bayar parkir Rp 2.000 saja.

“Jenggawah Hill terintegrasi dengan kolam renang Pak Kadir di sisi selatan objek wisata ini dan saling mendukung,” ujar Andy. Saat pengukuhan, Pokdarwis langsung bertemu dan dialog potensi wisata dengan Kadisparta Arif Cahyono, Camat Jenggawah Rachman Hidayat dan Suami Bupati Faida yakni dr Abdul Rochim.

Kadisparta Pemkab Jember Arif Cahyono berharap Pokdarwis Jenggawah Hill kedepan bisa menjaga potensi wisata setempat. “Jenggawah hill ini potensial, dan diharapkan bisa bersinergi dengan potensi wisata lainnya. Baik di desa-desa maupun kecamatan, kita terus mendorong agar bisa memiliki destinasi wisata yang unik dan kreatif, sehingga wisatawan mau datang kesana,” ujar Arif.

Foto-foto : Suasana Pengukuhan Pokdarwis Jenggawah Hill, hadir pula Kadisparta Pemkab Jember Arif Cahyono, Camat Jenggawah Rachman Hidayat, Suami Bupati Faida dr Abdul Rochim serta segenap pengurus Pokdarwis, Rabu (14/3). (Koleksi foto, FB Mistoro & Andy Prasetyo)