Mensos Risma Turun Ke Dua Kecamatan Yang Terdampak Banjir di Jember

JEMBER – Akibat banjir bandang yang terjadi di dua kecamatan yang berada di kabupaten jember, Menteri Sosial Tri Rismaharini, langsung turun ke lokasi yang dilanda bencana banjir.

Dua kecamatan tersebut, yakni di Kecamatan Bangsalsari dan Tempurejo, Jember pada, Senin 18 Januari 2021. Dimana dalam Kunjungan ini, tak hanya dikabupaten jember, melainkan dilanjutkan ke Lumajang untuk mengetahui korban erupsi Gunung Semeru serta memastikan bantuan sosial tepat sasaran.

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki cadangan makanan sendiri. selain di Bulog. “Jika mengambil dari gudang Bulog butuh waktu yang lama. Maka, harusnya pemerintah daerah memiliki cadangan logistik dititik rawan bencana,” terang Mensos Risma.

Tak Hanya itu, Risma juga menuturkan, jika bencana banjir di Bangsalsari dan Tempurejo memang ada kerusakan di hutan. maka perlu diantisipasi dengan proses cadangan logistik.

“Proses antisipasinya di Jember sudah bagus karena penanganannya melibatkan lintas sektor dan beberapa daerah sekitar. Perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya masyarakat yang terisolir ketika terjadi bencana,” Tuturnya.

Selain itu, Risma mengatakan, bahwa penanganan bencana alam di Jember sendiri prosesnya sudah maksimal karena akses jalannya ke lokasi bencana sendiri juga relatif baik dibandingkan dengan daerah lain. “Proses evakuasi dan pemberian logistik sendiri juga cepat. Kalau disini akses jalannya tidak sulit dibandingkan daerah lain, seperti di Mamuju yang jarak tempuhnya memakan waktu cukup lama karena jalannya terputus,” ungkapnya.
 
Dari pantauan media ini, Mensos Risma di Jember sendiri, memberikan bantuan berupa telur, beras, abon, pampers serta susu untuk ibu hamil dan beberapa logistik lainnya sesuai dengan permintaan masyarakat yang disampaikan kepada Kemensos RI. (Dul/Mok).