Beranda Berita PDIP Jember Rekrutmen Bacabup – Bacawabup Tanpa Mahar

PDIP Jember Rekrutmen Bacabup – Bacawabup Tanpa Mahar

4

ZONA JATIM, JEMBER – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jember, melakukan penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Wakil Bupati (Wabup) Jember dalam Pilkada tahun 2020.

“Menindaklanjuti instruksi DPP PDI Perjuangan nomor 356/IN/DPP/VII/2019 tentang pemetaan daerah dan penjaringan Bacalon kepala daerah pilkada serentak 2020, serta berpedoman pada peraturan partai nomor 24 tahun 2017 tentang rekrutmen dan seleksi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan,”kata Juru Bicara Tim 7 Pelaksana Teknis Rekrutmen Pilkada 2020, Lukman Winarno saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di kantor DPC setempat, Jalan Supriyadi, Patrang Jember, hari Kamis (5/9/2019) siang.

Lukman menjelaskan, di Jawa Timur ada 19 kabupaten/ kota yang akan melaksanakan Pilkada Tahun 2020, dan ini dilakukan serentak pembukaannya yang dimulai 5 – 14 September 2019. Telah disepakati, karena DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jember mebentuk tim 7 pelaksana teknis untuk melakukan penjaringan putra – putri terbaik bangsa untuk menjadi Bacabup dan Bacawabup yang diusung PDI Perjuangan.

Hal yang perlu ditegaskan, ada beberapa arahan partai yang memang harus kita jalankan secara konsisten. Ketika tidak konsisten itu bagian dari indisipliner partai dan itu sanksi yang akan datang dari partai. Salah satunya adalah dalam proses penjaringan ini memang tidak diperbolehkan dengan alasan apapun menerima uang ataupun bentuk barang dalam proses penjaringan ini.

“Itu tegas dalam peraturan partai nomor 24 tahun 2017 bahwa, no mahar ini yang harus menjadi komitmen kita bersama. Terutama tim 7. Termasuk bakal calon yang mau mendaftar jangan coba coba untuk melakukan hal hal diluar ketentuan partai yang sudah kita tetapkan,”tegas Lukman.

Adapun untuk pendaftaran dalam penjaringan ini, masih kata Lukman, Bacabup dan Bacawabup bisa melakukan pendaftaran lewat semua tingkat. Yaitu di DPC, DPD atau DPP PDIP. Silahkan memilih, bisa daftar ke kita (DPC Jember), DPD maupun DPP. Karena rekrutmen ini terbuka,”pungkasnya.