Beranda Berita Peringatan HDI, Kalangan Difabel Dapat Layanan Adminduk Ekstra Cepat

Peringatan HDI, Kalangan Difabel Dapat Layanan Adminduk Ekstra Cepat

0

Tidak menunggu waktu terlalu lama, Puji Darmawan seorang difabel asal warga Dusun Krajan, Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, miliki paket dokumen admindukcapil berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir, dan Kartu Identitas Anak (KIA).
“Mudah dan cepat, asal berkas yang akan diajukan lengkap persyaratannya atau data dukungnya. Tidak sampai setengah jam,” terang Wawan sapaan akrabnya usai mengikuti jalan sehat dalam rangka Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diselenggarakan oleh Dinsos Pemkab Jember yang bertempat di Alun – alun setempat, Sabtu (1/12/2018) pagi.
Kata Wawan, tidak hanya KK, Akta Lahir, dan KIA yang Ia ajukan, tetapi juga Ktp el. Ia berharap pelayanan yang bagus seperti ini dipertahankan agar masyarakat cepat memiliki dokumen kependudukan tanpa harus menunggu waktu yang lama dan tanpa ada biaya sepeserpun atau gratis.
Sementara, Plt Kadipendukcapil Jember, Sartini mengatakan, kegiatan ini bersinergi dengan kegiatan hari disabilitas internasional. Karena undangan dari Dinsos Pemkab Jember pukul 06.00 WIB pagi, dirinya bersama 15 petugas Dispenduk lainnya sudah membuka pelayanan pukul 05.00 WIB pagi.”Jadi untuk mengawali pelayanan pada masyarakat sebelum kegiatan jalan santai dilaksanakan,” tuturnya.
Lebih lanjut Ia menjelaskan, hingga pukul 10.00 WIB pagi ini sudah melakukan 88 pelayanan, yakni 20 cetak KIA, 11 perekaman Ktp el, cetak 23, cetak 18 Ktp el, dan 16 cetak Akta Kelahiran. Termasuk punya Puji Darmawan yang sudah tercetak paket Admindukcapilnya. Dari semua pelayanan ini diperoleh paling banyak dari disabilitas. 
“Karena kami lebih fokus ke disabilitas, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum yang kebetulan lewat dan mengetahui adanya pelayanan adminduk yang juga memanfaatkan momen kegiatan ini tetap terlayani,” pungkasnya.