PMI Terima Bantuan Donasi Dari Pemerintah Azerbaijan

JEMBER – Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi sebesar 50.000 dollar Amerika dari Pemerintah Azerbaijan,  Jumat 26 Feberuari 2021. Bantuan ini untuk pemulihan pascabencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) itu diterima Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said di Kedutaan Azerbaijan, Jakarta.

Sejumlah bantuan internasional disalurkan PMI dalam respons bencana di berbagai wilayah.

Sudirman menjelaskan, sebagai perhimpunan nasional, selain merespons bencana, PMI juga memiliki fungsi penghimpun dan penyalur bantuan, baik bantuan nasional maupun internasional. Seperti dalam respons bencana Sulbar, PMI juga menerima bantuan internasional dari Pemerintah Tiongkok.

“Palang Merah Indonesia (PMI) dan masyarakat Indonesia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tulus atas donasi ini.  Kami merasa besar hati, karena donasi ini adalah simbol dari persaudaraan dari masyarakat kedua negara, Azerbaijan dan Indonesia,” Kata Sekjen.

Operasi kemanusiaan gempa Sulbar masih dilakukan PMI hingga Mei mendatang. Saat ini, kata Sudirman, PMI masih berupaya memenuhi kebutuhan sanitasi dan hunian sementera sejumlah penyintas. Tercatat, hingga medio Februari, PMI telah menyalurkan bantuan ke lebih dari 136.957 penyintas di Sulbar.

“PMI akan meneruskan amanah ini kepada korban bencana yang membutuhkannya, terutama di Sulawesi Barat,” tukasnya.

Donasi yang diterima PMI diserahkan Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev. Donasi senilai US$ 50,000 atau setara Rp 712.552.500 tersebut diharapkan dapat meringankan beban penyintas bencana di Sulawesi Barat.

“Sejak lama persaudaraan kedua bangsa sangat kuat. Kami ingin menjaga persaudaraan antara rakyat Indonesia dan rakyat Azerbaijan. Semoga sumbangan ini dapat meringankan beban para korban bencana” kata Jalal. (Gf/Dul/Mok).