Polres Jember Ringkus Komplotan Begal Sadis, Ada Pelaku Dibawah Umur

Jember – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jember meringkus komplotan begal sadis yang terdiri dari 6 orang, dan 2 diantaranya masih berusia di bawah umur, yakni, AG (18), RA (18), MM (17), UV (17), MS (21) dan M (35) yang semuanya asal Kecamatan Puger Jember.

Ironisnya meski rata-rata usia pelaku masih remaja, aksi yang dijalankan sejak Januari hingga April 2020, atau hanya dalam kurun waktu 4 bulan, komplotan ini sudah menjalankan aksinya di 15 TKP di seluruh wilayah Jember.

Terungkapnya pelaku ini, setelah pihak Satreskrim Polres Jember melakukan penyelidikan terhadap aksi pembegalan disertai dengan pembunuhan yang terjadi di lapangan Dusun Gadungan, Desa Kasiyan, Kecamatan Puger, Jember pada Minggu malam 12 April lalu.

“Ada 6 pelaku yang berhasil kami amankan, dimana pelaku sejak Januari hingga April lalu, sudah menjalankan aksinya di 15 TKP di Jember, satu diantaranya yang mengakibatkan korbannya meninggal di lapangan Dusun Gadungan Desa Kasiyan Puger Jember,” ujar Kapolres Jember AKBP. Aris Supriyono melalui Kasatreskrim Polres Jember AKP. Frans Dalanta Kembaren Selasa (2/6/2020).

Frans mengatakan, modus yang dilakukan pelaku dalam menjalankan aksinya, selain melakukan pembegalan, pelaku juga mendatangi korban yang sedang nongkrong, kemudian pelaku berpura-pura meminjam korek atau tanya alamat, setelah itu pelaku melakukan aksinya dengan meminta handphone atau sepedah korbannya, kalau tidak di berikan pelaku tak sengan membacok korban.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 8 unit sepeda motor dari berbagai merek hasil dari aksi pembegalan dan juga sarana pelaku dalam menjalankan aksinya.

“Beberapa barang bukti sudah kami amankan, dan untuk pelaku sendiri terancam dengan hukuman 15 tahun penjara, sedangkan 2 pelaku lainnya yang masih dibawah umur, akan ada pendampingan dari pihak Bapas,” pungkasnya.