Polres OTT Oknum Kecamatan Urus Surat Tanah dan PLN

4

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Jember, Selasa (6/3).
Dua pelaku yang terkena OTT Tim Saber Pungli terkait pembuatan sertifikat tanah dan penyambungan baru PLN. Dua pelaku adalah S, seorang staf honorer di salah satu kecamatan di Jember, dan B, warga Arjasa.

“Kami melakukan OTT terhadap dua pelaku pungli terkait proses pengurusan sertifikat tanah dan penyambungan PLN, untuk pelaku pungli pada pengurusan tanah adalah S salah satu staf honorer tapi bukan PNS di salah satu kecamatan yang melakukan pungli kepada warga yang ingin mengurus sertifikat tanah, sedangkan satunya lagi B warga Arjasa yang melakukan pungli terkait penyambungan listrik PLN,” ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK.
Kapolres, dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku memanfaatkan posisi untuk meraup keuntungan pribadi, dimana biaya yang dipatok oleh kedua pelaku melebihi biaya yang sudah ditentukan,.
“Untuk S kepada korbannya mematok biaya mengurus sertifikat tanah awalnya sebesar 45 juta rupiah. Namun karena korban tidak memiliki uang cukup, oleh pelaku diturunkan harganya menjadi 17 juta rupiah. Padahal aturannya tidak sebesar itu,” ujarnya.
Begitu juga dengan pelaku yang melakukan pungli terhadap penyambungan listrik baru. B meminta uang sebesar 4-5 juta rupiah kepada korban. Padahal aturannya penyambungan baru tidak sebesar itu.
“Jadi B ini memungut biaya kepada korbannya sebesar 4-5 juta rupiah. Padahal aturannya biaya tidak lebih dari 2 juta rupiah. Kepada korbannya, B juga mengatakan kalau tidak lewat dirinya, listrik tidak bisa disambungkan,” beber Kapolres.
Saat ditanya apakah ada orang dalam, baik di BPN maupun PLN, yang terlibat, kapolres mengatakan masih dalam penyidikan dan akan dikembangkan.
“Soal adanya keterlibatan orang dalam, kami belum bisa memastikan dan akan kami telusuri,” ucapnya.
Dari tangan kedua pelaku, diamankan uang dan sejumlah barang bukti lainnya. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku saat ini mendekam di rutan Mapolres Jember.