Pramuka Tetap Aktif Bergerak

Jember– Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, menyatakan, gerakan Pramuka Jember harus terus bergerak aktif dalam masa pandemi Covid-19 bagi lingkungan.“Dalam keterbatasan yang terjadi saat ini, kehadiran Pramuka harus tetap dirasakan oleh masyarakat,” tutur Wabup Muqit Arief, usai mengikuti East Java Green Scotch Innovation secara daring di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa, 15 September 2020.

Anggota pramuka memiliki kepekaan dan panggilan terhadap masalah yang terjadi di lingkungan. Beberapa kegiatan yang dilakukan, antara lain bedah rumah, gerakan satu juta masker, dan bersih-bersih sungai. “Alhamdulillah, pramuka sudah banyak melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. Tidak kalah penting, masih kata wabup, anggota pramuka harus memiliki kepekaan terhadap distorsi kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya, pramuka harus memiliki kepekaan terhadap masalah berbangsa dan bernegara. Apapun yang bersifat negatif, maka pramuka tidak tinggal diam.

“Harus mengambil peran yang bisa dilakukan. Betapa pun saat ini dengan ketebatasan covid harus tetap bergerak,” imbuhnya. Pramuka harus menjadi pengawal terdepan dalam menjaga nasionalisme, kecintaan terhadap negara kesatuan republik Indonesia.