Anggota DPR RI Dukung Penuh Soal Hak Interpelasi oleh DPRD Bondowoso

Sonny : Sikap tabbayun adalah ahlak terpuji yang harus didukung.

Jakarta – Sebagai anggota DPR RI yang juga mewakili masyarakat Bondowoso, Sonny mendukung penuh upaya-upaya yang dilakukan oleh anggota DPRD kabupaten Bondowoso dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga perwakilan rakyat.
“Saya bukan hanya menerima saudara-suadara yang hari ini datang ke Jakarta, tapi saya juga mendukung penuh hak konstitusional anda dalam upaya membangun Bondowoso agar lebih maju dan melesat pesat,” ujar Sonny ketika menerima Pimpinan DPRD kabupaten Bondowoso di kompleks DPR RI Senayan-Jakarta.

Dari paparan yang disampaikan oleh Sinung Sudrajad (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso), Sonny memahami mekanisme interpelasi ini sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada.
Mutasi 192 ASN yang terjadi di Bondowoso telah menimbulkan berbagai pertanyaan karena dianggap ada yang melanggar aturan. Dampaknya telah membuat keresahan dan kegaduhan, baik di kalangan birokrasi maupun masyarakat di Bondowoso.

Hal itulah yang membuat anggota DPRD Kabupaten Bondowoso yang telah bersepakat menggunakan hak interpelasinya melanjutkan konsultasi dengan Arif Wibowo Pimpinan Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan serta bertemu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang merupakan lembaga non-struktural yang mandiri dan bebas dari intervensi politik untuk menciptakan pegawai ASN yang profesional dan berkinerja, memberikan pelayanan secara adil dan netral, serta menjadi perekat dan pemersatu bangsa.

Sonny berharap publik tidak perlu bersak wasangka dengan langkah yang diambil oleh DPRD.
“Ini khan semacam sikap tabbayun dari para wakil rakyat atas keputusan yang diambil oleh Bupati. Makanya saya mendukung penuh interpelasi ini. Kalau sikap-sikap tabayyun yang merupakan akhlak terpuji saja tidak didukung, kira-kira yang kita inginkan dari proses berbangsa dan bernegara kita ini nanti mau seperti apa?,” tanya Sonny.

“Untuk itu, saya berpesan kepada mas Sinung dan teman-teman Pimpinan serta anggota DPRD Bondowoso agar tetap istiqomah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. Dan saya juga berharap kita semua dapat terus bersinergi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bondowoso,” ungkas Sonny yang merupakan anggota Komisi VI dari fraksi PDI Perjuangan. (pjm)