Baldes Tanggul Kulon Gulirkan BLT-DD

JEMBER (ZonaJatim.id) – Pemerintah DesaTanggul Kulon Kecamatan Tanggul, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Arifin Wahyuono didampingi Babinkmtibmas, Babinsa, BPD, Pendamping Desa, Ketua RT/RW serta relawan Desa Peduli Covid-19, pada menggulirkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang sesuai dengan data DTKS di Desa Tanggul Kulon sebanyak 71 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp. 300.000/KPM di Balai Dusun Krajan desa setempat.

Dalam kesempatan ini Kades Arifin memberikan arahan dan sosialisasi kepada KPM penerima BLT-DD Tahap I Tahun 2021. Ia juga apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bergerak serentak sehingga BLT-DD tahap 1 bulan Januari 2021 ini dapat disalurkan dengan lancar.

“Alhamdulillah, hari ini terealisasi. Ini adalah bentuk perhatian pemerintah pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Nantinya bantuan ini akan bergulir selama Satu Tahun,” tuturnya. Sabtu, 02 April 2020 malam.

Ia berharap dengan bantuan langsung tunai tersebut dapat meringankan beban masyarakat Dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Mengingat wabah covid 19 belum berakhir.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap selalu mengikuti protokol kesehatan serta sama-sama berdo’a agar musibah wabah covid cepat berlalu,” ujarnya.

Sementara itu ketua BPD Desa Tanggul Kulon Abdul Rofik saat ditemui mengatakan, penyaluran BLT DD Ta 2021 ini telah melalui prosedur yang telah ditetapkan Kemendes RI. Pihaknya bersama pemerintah desa, menerima usulan data calon penerima dari ketua RT/RW untuk selanjutnya dilakukan verifikasi faktual dilapangan hingga dilakukan Musdes Khusus.

“Pemdes telah berupaya agar warga yang belum menerima dapat menerima bantuan. harapannya dana yang bersumber dari DD ini tepat sasaran,” terangnya.

Salah satu penerima bantuan dana BLT warga Dusun Krajan Purnomo (50) mengatakan, dirinya mengaku terbantu dengan adanya bantuan BLT ini. Apalagi sejak saat mewabahnya Covid-19, satu-satunya usaha miliknya yaitu warung kopi mengalami penurunan omzet yang drastis.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu keluarga saya,” katanya. (Ji/Sid).