Hadapi MTQ Jatim, Pemkab Jember Laksanakan Pembinaan Kafilah Tahap Dua

ZONA JATIM, JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melaksanakan pembinaan dan seleksi kafilah tahap kedua guna menghadapi Musabaqoh Tilawatul Quran (MTQ) Provinsi Jawa Timur ke-28

“Ada 73 orang kafilah MTQ Kabupaten Jember, kata Kepala Bagian Bina Mental Setda Kabupaten Jember, Bambang Saputro di Aula Balai Diklat BKPSDM, Sabtu (6/7/2019) siang.

Kata Bambang, dari 73 orang tersebut merupakan hasil pembinaan dan seleksi yang digelar pada 2 – 3 Maret 2019 lalu. Dan saat ini diselenggarakan kembali seleksi dan pembinaan tahap kedua.

Pada tahap ini, mereka akan mendapatkan pembinaan dari Dewan Hakim MTQ Kabupaten Jember dan dibantu oleh Dewan Pembina LPTQ Jawa Timur.
Untuk sesi seleksi, lanjutnya, para kafilah akan disaring menjadi 48 orang. Mereka ini yang menjadi Kafilah MTQ Kabupataten Jember untuk mengikuti MTQ Provinsi Jawa Timur.

“Nanti akan diambil sebanyak 48 orang yang menjadi kafilah MTQ Kabupaten Jember,” terangnya.

Agar lebih matang, 48 kafilah tersebut mendapatkan pembinaan lanjutan dari Dewan Hakim MTQ Kabupaten Jember dan Dewan Pembina LPTQ Jawa Timur. “Agar lebih matang lagi dalam rangka persiapan nanti menyongsong pelaksanaan MTQ Jawa Timur,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Bupati dan Wakil Bupati Jember berharap pembinaan dan seleksi tahap kedua ini menghasilkan kafilah MTQ sebaik-baiknya.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan prestasi yang terbaik di event ini,” tegasnya.

Terkait target, Ia menyebut kaligrafi menjadi salah satu unggulan dari kafilah MTQ Kabupaten Jember. Sebab, setiap ada event tingkat Jawa Tmur, kafilah Jember setiap tahun selalu mendapatkan peringkat.
Sementara itu, Syaifullah Hudi mengatakan, pembinaan dan seleksi berlangsung selama dua hari, 6 – 7 Juli 2019.

Pada hari pertama, semua kafilah akan mendapatkan pembinaan selama satu hari. Hari berikutnya merupakan sesi seleksi.

“Seleksi ini untuk mencari satu orang yang mewakili cabang perlombaan. Beberapa cabang sudah mengerucut satu orang. Hari ini murni pembinaan. Besok hari Minggu baru seleksi,” pungkasnya.