Tata Jember Yang Baru, Bupati Rencanakaan Pusat Gedung Pemkab Dan DPRD di Bintoro

JEMBER (ZonaJatim.id) – Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman terus menata Jember baru menjadi lebih baik.

Pembenahan pun dilakukan tahap demi tahap. Menilik ke belakang, di antaranya Bupati Hendy dan Wabup Firjaun telah secara proaktif meninjau kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang rata-rata kondisinya memprihatinkan.

Bupati Hendy bilang, kewajiban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menyediakan sarana prasarana kantor yang layak, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat optimal.

Kepala Daerah ini pun sampai pada kesimpulan untuk mengambil langkah memperbaiki sarana prasarana kerja, fasilitas gedung serta mekanisme kerja ke arah inovatif dan akseleratif.

Begitulah cara yang ditempuh agar di hilir sana, Pemkab dapat memberi pelayanan terbaik, mengembalikan hak-hak masyarakat Jember.

Secara marathon, OPD-OPD, satu per satu pun menghadap Kepala Daerah. Memaparkan pencapaian, pekerjaan yang terkendala sehingga menjadi ‘PR’, serta program-program kerja ke depan.

Kepala Daerah menyimak, memberi semangat, mencarikan solusi atas kendala yang dihadapi, serta menyampaikan gagasan ke depan yang dicanangkan pemerintah.

Pun, Selasa 27 April 2021 kemarin. di Pendopo Wahyawibawagraha, Bupati Hendy Siswanto menerima kehadiran Plt. Sekretaris DPRD, Jupriono. Hadir serta sejumlah politikus yamg selama ini berkiprah memperjuangkan kemaslahatan bagi masyarakat yang diwakilinya.

Kesempatan temu pemaparan itu, Bupati Hendy Siswanto menyampaikan rencana Pemkab Jember merelokasi gedung dan kantor penyelenggara pemerintahan, termasuk gedung DPRD, di satu kompleks di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang.

Dengan pusat penyelenggara pemerintahan di satu kompleks yang terintegrasi, pelayanan untuk masyarakat jadi lebih efisien, efektif dan praktis. Masyarakat yang ingin mengurus beberapa jenis layanan di OPD berbeda bisa mengkases di satu lokasi saja. Hemat biaya, waktu, juga hemat tenaga.

“Gedung yang dipindahkan mencakup kantor Pemerintah Kabupaten Jember, kantor OPD-OPD, serta gedung DPRD Jember. Rencananya di tempat baru, Gedung DPRD dibangun 7 lantai,” ujar Bupati Hendy, yang rencananya memulai relokasi pada 2022.

Untuk mewujudkan agenda tersebut, Bupati Hendy mengambil kebijakan dengan mengelola anggaran yang ada sebaik-baiknya. Anggaran sekarang digunakan seefisien mungkin, yakni untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang bersifat segera.

Bupati Hendy meminta, pada masa tunggu sebelum pemindahan, bila DPRD ada keperluan merehabilitasi gedung, sebisanya ditunda. Sebab, di lokasi baru akan dibangun gedung baru. Bila sekarang ada kebutuhan perbaikan kecil, seperti bocor, servis AC, itu wajib dikerjakan segera.

Diharapkan, dengan semua kantor penyelenggara pemerintahan berada terpusat di satu kompleks, tertata dan terintegrasi dengan baik menjadi daya tarik tersendiri. Boleh jadi wisatawan akan singgah untuk melihat keunikannya.(*).